Langsung ke konten utama

Bercakap Dengan Tuhan



Tuhan, aku titip dia dalam setiap kutipan do'aku. Jaga dia dalam setiap langkah kakinya. Lindungilah dia dalam segenap naungan_Mu. Bahagiakan dia dengan keputusannya untuk pergi meninggalkan diriku. Aku tak rela Tuhan, tapi aku terpaksa untuk pamit pergi dan menerima segala keputusannya meskipun hal itu berbanding dengan segala luka dan rasa sakit yang begitu perih aku rasa. Aku terima perpisahan ini dengan kepala tegak, aku akan berbesar hati untuk bisa merelakan tragedi perpisahan ini, sebab aku sudah merasakan kehilangan dia jauh sebelum dia pergi menghilang untuk selamanya.

Tuhan, bantu aku untuk terbiasa tanpa dirinya. Temanilah perjalanan ku dengan segala petunjuk terbaik darimu. Sadarkan aku dikala diri ini mulai tersesat dan kembali rapuh. Sebab hatiku sudah tak lagi berpenghuni setelah kehilangan dirinya.

Hanya padamu Tuhan aku bisa berharap. 3 tahun lalu dia masuk dalam rumahku yang begitu berantakan. Datang dan pergi selayaknya tamu. Namun tak berselang lama dia merapikan segala pecahan kaca yang berantakan dalam rumahku sampai tak ada satu pun pecahan kaca yang tersisa dan dia pun menetap di dalamnya. Segala puing-puing yang berantakan dia tata dengan versi dirinya. Memperbaiki dinding-dinding rumah ku yang sangat tak terurus. Sampai debu-debu yang berterbangan pun tak tersisa oleh nya. 

Dia lukisakan kisahnya di dalam dinding-dinding rumah ku. Memberikan warna baru dengan berbagai kisah kasih nya. Dia bilang rumah ku adalah rumah impiannya. Dia bahkan ingin menetap untuk selamanya dalam rumah itu. Dan aku pun dengan senang hati menerimanya.

Namun kau tahu kan Tuhan, ini bukan perihal rumah yang sesungguhnya.

Sebab, pecahan kaca yang dulu pernah dia rapikan tak pernah dia buang melainkan dia simpan rapi hanya untuk memecahkan nya kembali. Beling-beling kaca itu kembali menyayat dan menggoreskan diriku. Langkah demi langkah ku dipenuhi darah, sebab pecahan kaca yang kembali dia tebarkan. 
Debu-debu yang pernah dia sapu bersih ternyata dia tebarkan kembali sebagaimana dulunya. Sampai-sampai aku tak bisa bernapas sejenak dibuatnya.

Tuhan, kini rumahku kembali tak berpenghuni lagi. Ijinkan aku menata kembali sisa rasa yang pernah di hadirkan saat dia menetap sesaat kemarin. Bantu aku untuk bisa sejenak menyingkirkan bayangan dia dalam setiap pandangan mata ku yang sampai saat ini masih bisa terbuka.
Aku tersiksa Tuhan, tak ada tempat untuk ku bercerita, berkeluh kesah selain padamu.

Tuhan, aku kembali kesepian dalam rumahku kini. Namun bayangan dirinya setiap saat selalu mempermainkan perasaan ku. Membuat mataku tak pernah bisa terlelap dengan tenang. Dia menjadi hantu yang setiap saat selalu menghantam dan menghantui diriku, sehingga aku tak pernah bisa untuk tidur dengan tenang.

Tuhan, apakah aku bisa memohon atau mengemis padamu untuk bisa memberikan sedikit ketenangan jiwaku. 
Bukankah aku telah melakukan semua syarat sebagaimana yang Engkau firmankan untuk mendapatkan ketenangan jiwa, tapi kenapa bayang dirinya masih menari seolah-olah tak berdosa dalam pikiranku. Mengapa dia masih hadir dalam mimpiku. Bukankah dirimu lebih tahu Tuhan, bagaimana cara ku untuk bisa sembuh dari goresan pecahan kaca yang dia taburkan. Bukankah aku selalu mengeluh kepadamu saat aku menangis Tuhan, lalu mengapa Engkau biarkan bayangnya menyiksa diriku. Hanya dirimu Tuhan yang tahu, sesakit apa yang aku rasakan ketika dia lebih memilih pergi dan melukai diriku.

Jika memang segala jenis mimpiku tentang dirinya mengisyaratkan bahwa dirinya membutuhkan aku, lantas kenapa dia memilih untuk mengakhirinya. Mengapa ia pergi dalam rumahku yang dulu ia anggap sebagai rumah impiannya. Tak ingatkah dirimu Tuhan bagaimana aku merayu mu siang dan malam hanya untuk meminta dia tetap bertahan menjadi penghuni tetap rumahku. Bukankah untaian do'aku selalu merendahkan diri demi merayu dzat mu agar bisa menyadarkan dia bagaimana rapuhnya diriku tanpa dia. Meskipun kau tahu Tuhan, dalam hatiku akan selalu ada dia. Dia tetap terpatri dalam kalbuku yang paling dalam.

Aku seperti menjadi dua kepribadian Tuhan, di dalam keramaian aku yang paling bisa tertawa dengan terbahak-bahak. Merasa paling bisa bahagia di antara cerita klasik yang sebenarnya tak lagi menarik. Sedangkan di saat sepi, aku masih merengek merayu mu hanya untuk dipersatukan lagi dalam versi yang baru. Menangis merendahkan diri, bersujud siang dan malam demi cinta yang sempat memberikan aku warna baru dalam hidupku.

Tuhan, kini aku mulai terbiasa dengan tanpa dirinya. Berusaha sebisa mungkin untuk tidak lagi mengingat kembali segala hal tentang dirinya. Dia yang dulu selalu menempati ruang kosong dalam rumahku, kini kenangan bersama nya akan aku ganti. Meski butuh waktu yang begitu banyak bagiku menemukan sosok yang melebihinya.

Tuhan, saat ini aku pasrahkan padamu. Jika masih sempat, ingatkan dia akan sebangga apa aku menyebut namanya hanya untuk merayu diri_Mu demi keinginan untuk hidup bersama nya. Jika masih bisa, ingatkan dia bagaimana pahitnya rasa kebencian yang harus aku telan dari orang-orang terdekatnya yang tak menginginkan dia untuk bisa kembali lagi seperti yang dulu. Dan jika masih ada jalan, ingatkan dia bagaimana sakitnya tangisan yang aku pendam saat merendahkan diri pada_Mu hanya untuk mencintai dirinya.

Tuhan, berikan aku petunjuk terbaikmu. Karena saat ini diriku hanya bisa mengandalkan "Kun fayakun" darimu. Apapun yang terjadi kedepannya, jika yang terbaik untuk ku buatlah dia menetap sampai rumahku hilang. Dan jika masih sekedar untuk singgah hanya sekedar merapikan pecahan kaca dan menyapu butiran debu yang beterbangan, lebih baik kembalikan saja dia yang pertama kali masuk dalam rumahku. Aku akan menata kembali segala kesalahan dalam rumahku bersamanya lagi.

Terimakasih Tuhan.............!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Buku Modul Ujian CPNS dan PPPK Tahun 2024 Hingga Buku Cetakan Lama dalam Format PDF

Persiapan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) menjadi fokus utama bagi ribuan calon pegawai negeri di Indonesia. Salah satu sumber daya yang paling berharga adalah buku modul dan materi ujian dalam format PDF, dengan kemajuan teknologi, memperoleh akses ke sumber-sumber ini menjadi lebih mudah. Di bawah ini adalah buku modul ujian CPNS dan PPPK tahun 2024 hingga buku cetakan lama dalam format PDF. 1. Buku SKD CPNS 2023-2024 PDF => Klik disini 2. Buku SKD CPNS 2019-2020 PDF =>  Klik disini 3. Buku SKD CPNS 2018-2019 PDF =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini 4. Buku SKD CPNS - Cetakan Lama PDF =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini 5. Kumpulan Buku dan Materi TWK PDF =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini =>  Klik disini 6. Materi TIU PDF =>  Klik disini 7. Materi TKP PDF =>  Klik disini Catatan : Jika ada link yang rusak, s

Apa itu bitcoin halving?

Bitcoin Halving  adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali di jaringan Bitcoin. Blockchains membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk membuka 210.000 blok lagi, sebuah standar yang ditetapkan oleh pencipta blockchains  untuk terus  mengurangi tingkat pengenalan mata uang. Awalnya, ketika Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009, para penambang menerima hadiah sebesar 50 bitcoin untuk setiap blok yang berhasil di Tambang. Namun, setelah acara halving pertama pada tahun 2012, hadiah ini dikurangi menjadi 25 bitcoin per blok. Halving berikutnya terjadi pada tahun 2016 dan 2020, yang selanjutnya dikurangi menjadi 12,5 bitcoin dan kemudian menjadi 6,25 bitcoin. Tujuan Dari Bitcoin Halving  Tujuan dari Bitcoin halving adalah untuk mengontrol pasokan bitcoin baru yang memasuki sirkulasi dan untuk memastikan bahwa total pasokan bitcoin dibatasi. Dengan mengurangi laju penciptaan bitcoin baru, peristiwa pengurangan sebagian membantu menjaga kelangkaan dan mencegah inflasi. Mekanisme ini

Jejak Kerajaan Sanggar: Transisi Pusat Pemerintahan dan Catatan Perjalanan Sejarahnya

Asia Tenggara memang menjadi pusat aktivitas perdagangan yang signifikan pada periode tersebut, terutama karena letak geografisnya yang strategis dan keragaman produk ekspor yang dimilikinya. Sumbawa, meskipun buktinya sedikit, juga turut serta dalam perdagangan tersebut. Pulau ini terkenal karena kekayaan alamnya, terutama kayu secang/sapan, yang menjadi salah satu komoditas utamanya. Selain kayu secang/sapan, Sumbawa juga menghasilkan berbagai produk ekspor lainnya seperti beras, lilin lebah, madu, sarang burung walet, garam, kapas, dan bahkan kuda berkualitas tinggi. Wilayah Sumbawa, termasuk Bima, Kore (Sanggar), dan Sumbawa Barat, menjadi tujuan bagi para pembeli yang mencari kuda berkualitas tinggi. Meskipun Sumbawa bukanlah pusat perdagangan utama seperti Jawa, tetapi orang Sumbawa dikenal dalam perdagangan maritim dan menjadi bagian dari jaringan perdagangan yang meluas di Asia Tenggara. Peran Makassar sebagai pusat perdagangan yang penting di Sulawesi Selatan memang sangat sig

Cara Menginstal Amass pada Termux: Langkah-langkah untuk Menggunakan Alat Pengumpul Informasi Open Source

Menginstal Amass pada Termux, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Persiapkan Termux    Pastikan Termux telah terinstal di perangkat Android Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store. 2. Perbarui Paket:    Buka Termux dan jalankan perintah berikut untuk memastikan bahwa paket Termux Anda diperbarui: pkg update && pkg upgrade 3. Instalasi Dependensi    Amass memerlukan beberapa dependensi agar dapat berjalan. Anda perlu menginstal Go, git, dan clang terlebih dahulu. Jalankan perintah-perintah berikut: pkg install golang git clang 4. Konfigurasi Lingkungan Go    Setelah menginstal Go, Anda perlu mengatur variabel lingkungan `GOPATH` dan `PATH`. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah berikut: mkdir ~/go export GOPATH=~/go export PATH=$PATH:$GOPATH/bin    Anda juga dapat menambahkan perintah-perintah di atas ke dalam file `.bashrc` atau `.bash_profile` agar konfigurasi ini tersedia setiap kali An

Membangun Tools Sederhana untuk Menerjemahkan Teks dengan Python Menggunakan Google Translate API

Dunia era sekarang ini sudah terhubung secara digital, kemampuan untuk berkomunikasi lintas bahasa adalah keterampilan yang sangat berharga. Namun, seringkali kita menemui teks dalam bahasa yang tidak kita pahami. Untungnya, dengan bantuan teknologi, kita dapat dengan mudah menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara membangun tools sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python dan Google Translate API untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Pertama-tama, kita akan membutuhkan library `googletrans` yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan Google Translate API. Pastikan untuk menginstal library ini sebelum memulai, script ini bisa berjalan di Terminal Linux, Termux, maupun Pydroid. pip install googletrans==4.0.0-rc1 Setelah library diinstal, kita dapat memulai pembangunan tools sederhana kita. Berikut adalah kode Python untuk menerjemahkan teks: from googletrans import Translator